0 item in the bag

No products in the cart.

Asal Comot Gambar di Dalam Buku

Tersenyum kecut, itu yang terjadi pada saya ketika menilai tahap lanjut naskah-naskah buku yang ditulis oleh guru dalam sebuah sayembara penulisan naskah buku nonteks. Apa pasalnya? Sebuah naskah menampilkan foto yang diambilnya dari sumber internet, lalu ia mencantumkan: Sumber: Google.com!

Oh, Tuhan …. Google bukanlah situs pemuat gambar/foto, melainkan mesin peramban. Contoh ini menunjukkan “kemalasan” penulis menelusuri sumber primer gambar atau foto. Sumber primer yang dimaksud adalah fotografer atau si pembuat gambar/ilustrasi dan media yang memublikasikannya kali pertama.

Mungkin terlihat sulit menelusurinya, tetapi teknologi mesin peramban sudah memudahkan seseorang untuk menelusurinya. Pencantuman sumber gambar/foto adalah bagian etika penulisan dan penghormatan terhadap hak cipta orang lain. UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta membenarkan seorang penulis menggunakan atau mengutip gambar/foto milik orang lain untuk kepentingan pendidikan dengan syarat mencantumkan sumbernya.

Di dalam gambar/foto ada unsur yang disebut judul gambar, keterangan gambar (caption), dan sumber gambar.  Sumber gambar/foto dapat langsung diterakan pada gambar/foto atau dapat pula disenaraikan dalam halaman akhir sebuah buku yang disebut Daftar Kredit Gambar/Foto. Daftar itu berisikan sumber gambar/foto berikut halaman penempatannya.

 

Dokumentasi Pribadi/Koleksi Pribadi

Ada juga penulis yang mencantumkan sumber dengan label berikut: Dokumentasi Pribadi atau Koleksi Pribadi. Masalahnya, dokumentasi atau koleksi itu belum tentu si penulis yang menjadi fotografer atau ilustratornya sekaligus pemegang hak ciptanya. Jadi, ini perlu dijelaskan lagi.

Lebih baik penulis mencantumkan sumber atas namanya jika memang gambar/foto itu dibuatnya sendiri. Penyebutan dokumentasi pribadi/koleksi pribadi merancukan kepemilikan hak cipta terhadap gambar/foto tersebut.

 

Baca Juga: Antara Spesialis, Generalis, dan Jenama dalam Menulis

 

Beberapa lembaga memang mengkhususkan diri dalam hal dokumentasi foto seperti Indonesia Press Photo Service (Ipphos). Ipphos merupakan kantor berita foto yang memiliki koleksi dan dokumentasi foto-foto jadul. Kantor berita resmi Indonesia, Antara, juga memiliki dokumentasi foto. Pencantuman sumber foto-foto Antara selalu memuat nama fotografer dan Antara sebagai kantor berita.

Beberapa media atau kantor berita menyediakan foto secara berbayar untuk kualitas foto yang baik (beresolusi tinggi). Sebut saja Antara dan Tempo menyediakan fasilitas foto-foto tersebut. Kita dapat saja membeli foto-foto tersebut untuk digunakan, bukan membeli hak ciptanya. Jika sudah dibeli, tetap saja sumber foto harus dicantumkan dengan benar.

 

Konsekuensi Hukum

Penggunaan gambar/foto milik orang lain dengan mencantumkan sumbernya paling tidak merupakan sebentuk penghormatan bagi pembuat/fotografer atau pemegang hak cipta. Kesalahan atau keteledoran pencantuman sumber gambar/foto dapat berkonsekuensi hukum jika pembuat/pemegang hak cipta melakukan somasi terhadap pemuatan foto tersebut.

Jadi, hal ini tidak dapat dipandang sepele dan dapat masuk pada ranah plagiarisme jika sebuah buku main asal comot saja karya gambar/foto orang lain dengan tidak mencantumkan sumber atau keliru mencantumkan sumber. Banyak penulis yang memang mengambil foto dari sumber-sumber sekunder dan situs-situs gratisan.

Saya sendiri kerap menggunakan foto dari situs resmi yang menyediakan foto-foto tidak berbayar, tetapi berkualitas tinggi—baik dari segi seni fotografi maupun resolusi. Contohnya, adalah foto-foto di Unsplash.com. Syarat yang menjadi etika dan penghormatan adalah saya harus menyebutkan nama fotografer dan nama media pemuatnya.[]

Leave a Reply

shares
INGIN BISA MENULIS BUKU?

INGIN BISA MENULIS BUKU?

Secara rutin, tim Nulix.id akan mengirimkan tip dan trik cara menulis buku yang baik dan benar. Anda cukup memasukkan alamat email ke dalam form di bawah ini. Tenang, kami adalah para profesional. Kami tidak akan menggunakan data Anda sembarangan.

You have Successfully Subscribed!