CATATAN ANTIBINGUNG MENULIS BUKU ILMIAH

Buku ini memang antibingung yang memuat serba-serbi kebingungan terkait penulisan-penerbitan buku ilmiah. Isinya sebagian besar berbasis pengetahuan dan pengalaman saya menekuni dunia penulisan-penerbitan buku sejak tahun 1994.

Langkanya ilmu penerbitan plus juga narasumber di bidang penerbitan buku membuat dunia penerbitan buku seperti hutan belantara tanpa sinar matahari. Meskipun ada penunjuk arah, penunjuk arah itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya malah terkadang mem­bingungkan.

Terpanggil untuk mengatasi kebingungan yang selalu ditanyakan kepada saya pada setiap kegiatan pelatihan, workshop, atau seminar penulisan maka saya menulis buku kecil ini. Buku ini saya tujukan untuk akademisi, peneliti, dan penulis buku ilmiah di mana pun berada.

Boleh jadi buku inimengandung wacana perdebatan karena perbedaan sudut pandang. Tidaklah mengapa karena pada intinya kita perlu mencapai kesepahaman soal dunia tulis-menulis yang juga menawarkan banyak aliran atau mazhab untuk diikuti.

Akhir kata, saya berharap buku ini dapat bermanfaat mengubah tata benak (mindset) kita soal buku ilmiah. Lebih jauh, buku ini saya harapkan dapat membantu lembaga berwenang dan terkait untuk menyempurnakan pedoman dan kebijakan yang sudah ada. Terima kasih.

Klik tulisan di atas untuk mengunduh e-book catatan antibingung menulis buku ilmiah.

Jumlah Pengunduh: 1245