0 item in the bag

No products in the cart.

Ayo Pak/Bu Dosen Menulis Buku Ajar Hibah Dikti 2019

Nulix.id | Kemristekdikti melalui Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, baru saja meluncurkan Program Hibah Buku Ajar 2019. Program ini menyasar pada penyiapan draf akhir (naskah) dalam bentuk buku ajar dan monografi (Dikti masih menggunakan istilah ‘monograf’ yang tidak baku) yang ditulis oleh dosen.
 
Bagaimana sebenarnya bentuk program ini? Program dengan penyediaan dana hibah sebesar Rp22 juta (dipotong pajak 15%) ini diberikan untuk naskah yang sudah merupakan draf akhir di penerbit. Artinya, penulis sudah harus mengikat perjanjian kerja sama dengan penerbit (yang disyaratkan anggota Ikapi dan APPTI) dalam penyiapan naskahnya.
 
Dikti akan mendukung naskah yang lolos seleksi dalam pendampingan, yaitu penyempurnaan (revisi dan editing), konsultansi, dan penerbitan draf akhir oleh penerbit. Selanjutnya, dana akan diberikan jika penulis telah mengikuti semua proses pendampingan dengan baik.
 
Program ini ditutup pada tanggal 31 Januari 2019 dan pemenang diumumkan pada Februari 2019. Selanjutnya, proses pendampingan dilakukan April-Juni, setelah dilakukan lokakarya pada Maret 2019. Prosesnya cukup panjang hingga dana diturunkan pada September 2019.
 
Syarat lain yang disebut bahwa penulis dan penerbit harus bersedia buku yang diterbitkan perdana itu tersedia secara open access alias gratis dalam versi buku-e. Namun, hak cipta tetap ada di tangan penulis.
 
Untuk dapat lolos program ini, tentu baik penulis maupun penerbit harus menyiapkan naskah secara profesional, termasuk mematuhi tata tulis yang sudah ditetapkan. Dikti menetapkan tebal halaman buku ajar atau monografi tidak kurang dari 200 halaman (tidak termasuk halaman awal [preliminaries]) dan lampiran. Naskah disiapkan dalam format Word (belum didesain).
 
Program Dikti ini patut diapresiasi mengingat masih minimnya dosen yang menulis buku ajar atau monografi. Oh ya, salah satu ketetapan naskah dalam program ini bukanlah naskah hasil dari konversi tesis dan disertasi. Jadi, lebih pada hasil penelitian yang dapat diwujudkan menjadi bahan ajar primer.
 
Tertarik? Silakan unduh dokumen berikut ini:
 

Leave a Reply

shares
INGIN BISA MENULIS BUKU?

INGIN BISA MENULIS BUKU?

Secara rutin, tim Nulix.id akan mengirimkan tip dan trik cara menulis buku yang baik dan benar. Anda cukup memasukkan alamat email ke dalam form di bawah ini. Tenang, kami adalah para profesional. Kami tidak akan menggunakan data Anda sembarangan.

You have Successfully Subscribed!