Tahapan Mengubah Skripsi-Tesis-Disertasi Menjadi Buku Ilmiah

Tahapan Mengubah Skripsi-Tesis-Disertasi Menjadi Buku Ilmiah

Nulix.id | Skripsi-tesis-disertasi kalau hanya menjadi karya kesarjanaan, sayang sekali karena bakal teronggok tanpa makna di perpustakaan. Paling-paling hanya menjadi rujukan bagi sarjana yang ingin menyusun skripsi-tesis-disertasi selanjutnya.

Karya kesarjanaan, termasuk laporan hasil penelitian semestinya dapat dipublikasi secara lebih luas (diseminasi) apabila diubah menjadi buku ilmiah populer (popular science book). Untuk pengubahan atau konversi ini maka para penulis perlu mengetahuinya lebih lanjut.

Apa saja yang perlu diketahui?

  1. Naskah karya kesarjanaan atau laporan hasil penelitian bukanlah naskah buku sehingga tidak otomatis dapat dijadikan sebuah buku.
  2. Hal yang utama diubah adalah outline naskah atau dalam hal skripsi-tesis-disertasi maka ditinjau kembali daftar isi.  Outline harus diubah sesuai dengan anatomi buku yaitu terdiri atas halaman pendahulu (front matter), halaman isi (text matter), dan halaman akhir (end matter).
  3. Penjudulan bab dan subbab yang kaku dan khas karya tulis ilmiah kesarjanaan atau laporan diubah menjadi judul-judul yang lebih populer. Misalnya, judul Bab I Pendahuluan diubah menjadi Bab I Fenomena Implementasi Pendidikan Inklusif.
  4. Penyajian karya tulis juga diubah menjadi lebih populer dengan menyisipkan cerita, fenomena (data dan fakta), serta informasi menarik lainnya pada teras (lead), lalu baru memasukkan definisi-definisi dan teori.
  5. Hasil dan pembahasan yang biasa terdapat di dalam karya kesarjanaan atau laporan hasil penelitian tidak perlu seluruhnya disajikan, terutama tabel-tabel dan grafik. Hanya yang penting dan mendukung wacana pemecahan masalah yang dimuat.
  6. Terakhir, yang penting dipahami bahwa sebuah buku yang menarik bagi pembaca adalah topik permasalahan apa yang disuguhkan penulis untuk pembacanya dan bagaimana penulis menawarkan alternatif solusinya.

Jika ingin tahu banyak soal konversi KTI ini menjadi buku ilmiah populer, Anda dapat berkonsultasi dengan Nulix.id. Anda juga dapat mengikuti event ini.

1 thought on “Tahapan Mengubah Skripsi-Tesis-Disertasi Menjadi Buku Ilmiah”

Leave a Reply

shares
INGIN BISA MENULIS BUKU?

INGIN BISA MENULIS BUKU?

Secara rutin, tim Nulix.id akan mengirimkan tip dan trik cara menulis buku yang baik dan benar. Anda cukup memasukkan alamat email ke dalam form di bawah ini. Tenang, kami adalah para profesional. Kami tidak akan menggunakan data Anda sembarangan.

You have Successfully Subscribed!